Jumat, 06 September 2019

MANA YANG LEBIH BAIK, BROWN SUGAR ATAU GULA PASIR PUTIH ???

INFO KESEHATAN - Pertama-tama, kamu musti tahu dulu apa itu brown sugar dan kenapa ia berbeda dari gula pasir biasa. Dari segi komposisi, sebenarnya brown sugar nggak terlalu jauh berbeda ketimbang gula pasir putih biasa. Brown sugar sebenarnya adalah cikal bakal gula putih yang baru setengah diproses.

Brown sugar mengandung sari gula yang lebih banyak.

Sari gula atau molasses inilah yang kemudian membuat brown sugar berwarna cokelat atau 'brown'.

Brown sugar sering didefinisikan sebagai 'gula mentah' karena tidak mengalami proses kimia yang terlalu banyak, dibandingkan dengan gula putih. Perbedaan utama brown sugar dengan gula putih terletak pada rasa, warna, dan proses pembuatannya.

https://aktivitas-sehat.blogspot.com/2019/09/mana-yang-lebih-baik-brown-sugar-atau.html

Brown sugar lebih sering digunakan dalam proses pembuatan kue, terutama kukis. Dengan warnanya yang cokelat alami, brown sugar membuat kukis atau kue menjadi tampak lebih cokelat tanpa harus menggunakan pewarna buatan.

Dalam hal penyimpanan, brown sugar lebih rentan terhadap kelembaban dibandingkan dengan gula putih biasa. Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan selembar roti atau beberapa buah marshmallow di toples penyimpanan brown sugar.

Sekarang kembali ke pertanyaan utamanya, mana nih yang lebih baik, brown sugar atau gula pasir putih?

Kita tahu bahwa gula pasir putih mengandung karbohidrat yang kemudian bisa menimbun lemak di dalam tubuh. Beberapa penyakit seperti obesitas dan diabetes juga sering dikait-kaitkan dengan gula pasir putih.

Kita sudah tahu bahwa pada hakikatnya brown sugar adalah gula putih yang mengandung sirup gula atau molasses. Brown sugar mengandung air yang lebih banyak daripada gula putih, serta 0,25 kalori per gram lebih sedikit.

Brown sugar mengandung konsentrat rasa manis yang lebih sedikit juga.

Kandungan dalam brown sugar adalah 95% sukrosa dan 5% sirup gula. Ini yang menyebabkan brown sugar menjadi lebih lembab tapi juga dengan kandungan nutrisi yang nggak jauh berbeda dengan gula putih.

Jadi, baik brown sugar maupun gula pasir putih memiliki kandungan gizi serta bahaya yang sama. Jangan mudah tertipu dengan kabar hoax yang menyebutkan brown sugar lebih aman dikonsumsi, karena pada kenyataanya sama saja dengan gula putih.

Source : grid.id
Previous Post
Next Post

0 komentar: