Selasa, 08 Agustus 2017

Begini Cara Pintar dan Praktis Mengatasi Bau Tak Sedap di Botol Tupperware

AKTIVITAS SEHAT - Botol minuman yang terbuat dari plastik nampaknya masih menjadi peralatan rumah tangga yang paling disukai oleh hampir semua kalangan. Terlepas dari kontroversi serta pro-kontra penggunaan botol plastik yang dinilai berbahaya untuk kesehatan, banyak masyarakat masih lebih memiliki botol minuman tupperware dibandingkan dengan botol minuman yang terbuat dari logam. Memang masuk akal sih, terutama karena botol plastik tupperware memang memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan botol minuman logam. 

Tapi tetap saja botol plastik memiliki kelemahan tersendiri, yaitu gampang berbau tak sedap. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dari sisa minuman yang masih menempel pada dinding botol. Sebagai akibatnya bau tidak sedap dari bekas minuman Anda pun akan terus berbekas dan akan sangat susah untuk dihilangkan. Yang jelas sih pasti akan sangat disayangkan jika Anda terpaksa harus membuang botol tupperware tersebut. What a waste of money!

https://aktivitas-sehat.blogspot.com/2017/08/begini-cara-pintar-dan-praktis.html

Dan sebenarnya di luar sana terdapat banyak sekali produk komersial yang digembar-gemborkan sebagai produk pembersih yang ampuh dalam menghilangkan bau tidak sedap dari botol tupperware. Eits, sebaiknya sih Anda berpikir dua kali sebelum mengeluarkan uang untuk membeli produk-produk tersebut. Pasalnya kebanyakan produk tersebut mengandung bahan kimia yang terlalu keras dan dapat mengakibatkan warna dari tupperware menjadi luntur. Selain itu, bayangkan apa yang terjadi jika Anda tidak tuntas dalam membilasnya sehingga mengakibatkan zat kimia tersebut masuk ke dalam sistem pencernaan Anda. Hiiii!

Untungnya ada cara menghilangkan bau botol di tupperware yang lebih aman. Kata kuncinya adalah cuka putih. Yap, cuka putih yang selalu ada di rak dapur Anda ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap dari botol tupperware. 

Larutkan 1-2 sdm cuka putih dengan secangkir air, setelah itu tuangkan larutan cuka tersebut ke dalam botol tupperware Anda. Diamkan selama 15 menit, dan setelah 15 menit berselang bersihkan bagian dalam dari botol dengan menggunakan sponge atau sikat botol. Bilas dengan air bersih. 

Eh, Anda tidak terlalu suka dengan bau cuka putih atau khawatir bahwa bau dari cuka putih tersebut akan tertinggal di dalam botol? Anda dapat menggunakan solusi alternatif dengan mengganti cuka putih dengan pasta baking soda yang dibuat dari baking soda dan sedikit air hangat. 

Untuk cara penerapannya, gosokkan pasta tersebut ke seluruh bagian dalam dari botol tupperware, dan biarkan selama paling tidak seharian penuh. Setelah itu bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Dan bergantung dari seberapa parah bau botol tersebut, maka Anda memerlukan dua hingga tiga kali pencucian dengan cara ini hingga bau tidak sedap tersebut menghilang sepenuhnya. Well, as long as it worth it, right?

Anda punya lebih dari satu botol tupperware (dan semuanya memiliki bau yang tidak sedap)? Well, ada cara yang sangat praktis dan dapat Anda gunakan tanpa harus mencuci botol-botol tersebut satu-persatu. Pertama-tama Anda perlu menyiapkan wadah yang cukup besar dan tinggi sehingga memungkinkan semua botol tupperware tersebut terendam di dalam air sepenuhnya. Setelah itu, Anda tinggal menyiapkan amunisi pembersih bau yaitu, lagi-lagi, cuka putih, baking soda dan air. 

Langkah pertama, tuangkan 1 cangkir cuka putih ke dalam wadah ember atau wadah lain yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Setelah itu, tambahkan ¼ baking soda dan aduk hingga rata. Letakkan seluruh botol tupperware beserta tutupnya ke dalam ember. Rebus air dalam jumlah yang cukup untuk merendam seluruh botol tupperware, dan tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam wadah. Selanjutnya, rendam dan biarkan selama 24-48 jam. 

Nah, sekarang yang tersisa hanyalah membilas tupperware-tupperware tersebut. Jika Anda memiliki mesin dish-washer maka ambil botol-botol tupperware tersebut dan letakkan di rak dish-washer bagian atas, dan tekan tombol untuk memulai proses pembilasan. Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki mesin pencuci piring, maka Anda dapat membilas botol-botol tersebut secara manual, yaitu bilas botol-botol tersebut dengan menggunakan air panas (tidak mendidih) hingga benar-benar bersih. Angin-anginkan botol tupperware dan setelah kering, simpan botol-botol tersebut ke dalam rak dengan rapi. 

So easy, yeah?


Previous Post
Next Post

0 komentar: