Selasa, 08 Agustus 2017

Anda Tahu Daun Mimba ?? Ini Dia Khasiat Tersembunyi yang Terkandung Dalam Daun Mimba

AKTIVITAS SEHAT - Daun mimba merupakan salah satu jenis tanaman yang tak boleh disepelekan karena daun ini memberikan segudang khasiat bagi kesehatan. Daun dari tanaman yang masih berada dalam golongan tanaman obat ini diketahui berasal dari India, walaupun masih dugaan. Indonesia menjadi salah satu negara yang beruntung karena dapat ditanami tanaman menyehatkan ini.

Tanaman mimba sendiri dapat hidup dan tumbuh dengan sempurna bahkan di daerah yang kekurangan air alias gersang. Hebatnya, tanaman ini bisa bertahan seperti itu dengan cara menggugurkan daunnya sendiri saat kemarau tiba. Itulah mengapa, tanaman ini mampu membuat proses penguapan terminimalisir. Lalu, apa saja segudang khasiat daun mimba yang dimaksud?

https://aktivitas-sehat.blogspot.com/2017/08/anda-tahu-daun-mimba-ini-dia-khasiat.html

Mengobati dan Mencegah Malaria

Malaria tentu bukan penyakit asing lagi bagi kita dan penyakit akibat gigitan nyamuk ini juga bisa berbahaya bagi penderitanya. Untuk menyembuhkan malaria, pengobatan bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun mimba dan bahkan penggunaannya akan dapat mencegah juga malaria untuk kambuh. Air rebusan daun mimba atau konsumsi langsung sangat dianjurkan.

Menurunkan Panas Demam

Ketika mengalami demam, daun mimba juga bisa menyembuhkan, apapun penyebab demam yang menyerang. Ada kandungan senyawa alami yang mampu menurunkan panas demam bagi anak maupun orang dewasa. Daun mimba sangat terkenal mampu menurunkan suhu tubuh tinggi bahkan sudah sedari zaman Hippocrates.

Sebagai Anti Kanker

Daun mimba dapat juga dimanfaatkan sebagai anti-kanker dan rupanya, justru daun mimba inilah yang pertama kali dianggap sebagai daun anti kanker. Kanker biasanya selalu disebabkan oleh radikal bebas, maka sebagai penangkal radikal bebas yang ada pada tubuh kita, daun mimba ini sangat baik untuk dikonsumsi secara langsung atau melalui air rebusannya.

Mencegah Inflamasi

Peradangan atau inflamasi dapat dialami oleh siapapun yang biasanya terjadi karena adanya serangan virus, bakteri dan mikroorganisme sejenisnya. Karena daun mimba memiliki sifat anti-inflamasi, sejumlah kondisi peradangan akan mampu untuk diatasi dengan baik dan secara alami tanpa efek samping berbahaya. Sifat kesehatan inilah yang diunggulkan dan mengonsumsinya adalah jalan terbaik.

Mengobati Eksim

Tahukah Anda bahwa daun mimba sangat efektif untuk mengobati jenis penyakit kulit semacam eksim? Cukup sediakan saja daun mimba 2 tangkai dan bersihkan sebelum akhirnya dihaluskan. Campurkanlah bersama kapur sirih secukupnya lalu terapkan ke kulit yang terserang eksim secara merata. Lakukan sehari 2 kali supaya eksim cepat hilang.

Mengobati Disentri

Disentri dapat menyerang siapapun dan untuk menyembuhkannya, pakailah segenggam daun mimba berikut ditambah dengan kulit mimba 2 jari dan potong-potonglah kecil-kecil, lalu rebus bersama 600 ml air. Didihkan hingga akhirnya warna berubah, baru diangkat dan tunggu dingin. Saring dulu dan minumlah sehari 2 kali dengan takaran 150 ml.

Sebagai Antibakteri

Daun mimba adalah daun herbal karena khasiat lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah sifat antibakterinya. Dengan memanfaatkan daun mimba, segala kondisi kesehatan akibat bakteri akan ditangkal karena fungsi utama dari daun ini merupakan penangkal bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Sumber : Hallosehat
Previous Post
Next Post

0 komentar: