Minggu, 14 Agustus 2016

Dari Kebun untuk Kesehatan | Ternyata Kol Merupakan Detoksifikasi Badan Alami Lho

Info Kesehatan - Manfaat kol sebagai sayuran sehat tidak diragukan, sayuran yang penuh dengan serat ini begitu penting untuk kesehatan. Kol atau yang disebut dengan juga kubis, adalah satu diantara sayuran yang banyak ditemukan di Indonesia.

Kol Merupakan Detoksifikasi Badan Alami
Kol Merupakan Detoksifikasi Badan Alami 
Kol termasuk juga jenis capitata, yakni sayuran yang memakai daunnya yang membuat bulat padat. Sayuran kol sendiri adalah sayuran yang berasal dari lokasi Eropa yang telah menyebar luas di beberapa belahan bumi. Sekitaran empat ratus jenis varietas kol dibudidayakan di semua dunia.

Kandungan Gizi Kol

Kandungan yang ada pada kol yaitu sebagai tersebut :

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B kompleks
  3. Zat besi
  4. Kalium
  5. Ripoflavin : Asam folat

Kandungan gizi ini adalah zat pembangun yang menolong membuat sistem metabolisme tetaplah jalan dengan baik. Beragam kandungan kol menjadikan kesehatan yang mengkonsumsinya bisa terbangun supaya senantiasa dalam situasi baik.

Berikut manfaat kol untuk kesehatan :
  • Menolong pembentukan sel darah merah

Zat besi adalah komponen yang menjadikan sistem pembentukan sel darah merah lebih produktif, hingga mencegah diri dari gejala anemia. Konsumsi kol bisa disandingkan dengan juice jeruk, lantaran manfaat jeruk dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dari kol.
  • Mencegah kanker

Kelompok kubis-kubisan sebagaimana kol mempunyai zat yang dapat memerangi sel kanker pada badan. Zat itu bakal merangsang enzim untuk menahan laju perkembangan tumor. Riset di Cina juga membuahkan wanita yang konsumsi beberapa sayuran sebagaimana kol, brokoli alami penurunan kemungkinan terjadinya gejala kanker payudara.
  • Mengontrol tekanan darah tinggi

Kalium memanglah senyawa yang baik untuk kurangi gejala hipertensi, tingginya kandungan kalium dalam Kol/Buncis membuatnya adalah satu diantara makanan yang dianjurkan untuk darah tinggi.
  • Mengandung vitamin C

Tidak cuma buah-buahan sebagaimana pada jeruk, anggur atau pada apel ada kandungan vitamin C, kol juga memilikinya hingga bakal membuat system imun yang lebih kuat. Vitamin C juga begitu baik untuk menjaga kesehatan kulit sebagaimana juga pada manfaat minyak zaitun serta faedah minyak almond.
  • Turunkan berat tubuh

Kol adalah satu diantara jenis sayuran yang paling disarankan untuk orang yang menginginkan turunkan berat tubuh lewat cara alami yang sehat. Kol mempunyai banyak kandungan vitamin yang berguna, mineral, serta zat gizi yang lain, anda bisa mengonsumsi kol dalam jumlah yang banyak lantaran mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi serta rendah kalori, ia tidak bakal mengakibatkan berat badan anda.
  • Detoksifikasi badan

Kandungan vitamin C yang tinggi serta sulfur dalam kol bisa menolong menyingkirkan toksin (radikal bebas). Radikal bebas ini yaitu satu diantara aspek penyebabnya paling utama arthritis, penyakit kulit, rematik serta asam urat.
  • Baik untuk otak

Kol atau kubis sumber sayuran yang begitu banyak vitamin K serta antosianin yang bisa menolong kesehatan mental serta konsentrasi otak. Nutrisi ini dapat juga mencegah rusaknya saraf, tingkatkan pertahanan menolong mencegah penyakit Alzheimer, serta demensia. Oleh karena itu kubis begitu berguna untuk kesehatan otak anda.
  • Baik untuk mata

Kubis yaitu sumber sayuran yang kaya beta-karoten, beberapa besar orang, khususnya yang telah ‘berumur’, berpindah teratur konsumsi kubis lantaran kemampuannya untuk mencegah degenerasi makula serta bisa tingkatkan kesehatan mata serta mencegah pembentukan katarak. Zat beta karoten dari sebagian riset bisa kurangi kanker prostat.
  • Anti inflamasi

Kubis memiliki zat Anti-inflamasi dan merupakan sumber utama glutamin. Glutamine adalah agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga mengkonsumsi kubis dapat mengurangi efek dari berbagai jenis penyakit seperti peradangan, iritasi, alergi, nyeri sendi, demam, dan berbagai gangguan kulit.
  • Kesehatan tulang

Kol, sayuran yang sangat banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral ini dikenal dengan kemampuannya untuk menjaga kesehatan tulang manusia.
  • Mengatasi sakit kepala

Menggunakan daun kubis yang dikompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakkannya di dahi juga dapat meringankan sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, membuat jus kubis 25-50 ml dapat membantu membasmi sakit kepala tersebut.
  • Melancarkan BAB

Seperti manfaat sayuran lainnya, kubis atau kol juga dapat menjadi sayur yang memudahkan melancarkan BAB, kandungan serat sayuran sangat membantu melancarkan BAB.
  • Sehat untuk pencernaan

Sayuran kaya akan serat, termasuk kubis, untuk itu jenis kol akan membantu menyehatkan pencernaan di bandingkan dengan konsumsi daging.
  • Baik untuk janin

Setiap janin membutuhkan asam folat, untuk itu ibu hamil yang mengkonsumsi kol juga dapat membantu kebutuhan gizi asam folat dengan konsumsi kol.
  • Baik untuk jantung

Kandungan kalium dalam kol sangat berperan untuk kesehatan jantung dan menjaga peredaran darah agar tetap sehat dan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

Sumber : http://www.manfaatbuah.asia/
Previous Post
Next Post