Senin, 10 Oktober 2016

WASPADA !!! Ternyata 4 Penyakit ini Diam-diam Merusak Jantung Tanpa Kita Sadari

Aktivitas Sehat - Jantung merupakan salah satu organ organ tubuh yang memiliki peranan penting. Perannya sendiri sebagai pemompa darah yang melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Kemudian darah akan menyuplai oksigen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme.

Namun sayangnya, masih banyak manusia yang mengabaikan kesehatan jantung. Mulai dari mengonsumsi alkohol, merokok, dan kebiasaan buruk lainnya. Tapi selain dari kebiasaan dan pola hidup yang buruk, kesehatan jantung juga bisa terancam dari penyakit yang kita derita.

4 Penyakit yang merusak jantung
Sayangi Jantungmu
Dihimpun dari merdeka.com, inilah beberapa penyakit yang bisa merusak kesehatan jantung kamu.

1. Kolesterol tidak normal (Dislipidemia)

Penyakit pertama yang dapat merusak kesehatan jantung adalah kolesterol tidak normal. Jika sudah seperti ini, maka kemungkinan besar akan terjadi penumpukan lemak di lapisan dalam arteri yang kemudian membentuk plak. Seiring waktu, plak lemak ini dapat mempersempit aliran arteri. Maka bukan tidak mungkin kamu akan terkena penyakit jantung coroner dan stroke.

2. Tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Jangan pernah sesekali mengabaikan tekanan darah kamu. Sebab, kondisi langsung mempengaruhi jantung. Perlu diketahui, tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang dapat membuat jantung kamu rusak dengan perlahan.

3. Kencing manis (Diabetes)

Penderita diabetes berisiko dua kali lebih tinggi untuk terkena penyakit kardiovaskular. Hal ini terjadi karena diabetes menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang kemudian membuat mereka rentan terkena hipertensi.

4. Kegemukan

Untuk yang terakhir ini seringkali disepelekan. Padahal obesitas dapat menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung. Tumpukan lemak dalam tubuhlah yang dapat mempengaruhi tekanan darah dan mengganggu kerja insulin. Sementara insulin sendiri berfungsi untuk memproses glukosa yang berasal dari makanan yang kamu konsumsi. Jika insulin tidak bisa bekerja dengan baik, maka kamu berisiko tinggi terkena diabetes yang berujung dengan penyakit jantung.

Sumber : merdeka.com
Previous Post
Next Post