Senin, 20 Juni 2016

Tips Menu Makan Sahur Untuk Penderita Maag

Menu Makan Sahur Untuk Penderita Maag

Menu Makan - Sahur Untuk Penderita Maag Menu sahur penderita maag, cara puasa orang maag, obat sakit maag, Cara berpuasa orang maag tentu bebeda dengan orang sehat pada umumnya. Perbedaan tersebut terutama pada menu makan ketika sahur dan berbuka. Semua itu tentu saja bertujuan untuk mencegah sakit maag kambuh saat puasa dan berakibat semakin parah.
resep makanan sahur penderita maag.

 tips makan sahur untuk penderita maag

Konsumsi makanan yang tepat saat sahur dan buka bisa membuat penderita maag tetap dalam kondisi sehat dan bugar selama puasa. Terutama menu makan sahur untuk penderita maag haruslah sangat diperhatikan, karena akan berdampak langsung terhadap puasa yang akan dijalani satu hari penuh. Orang yang sakit maag dilarang makan sembarangan ketika sahur. Berikut ini adalah menu makan sahur untuk penderita maag yang perlu diperhatikan demi kesehatan dan kelancaran ibadah puasa Anda. Makanan dan minuman yang harus dihindari penderita maag
  • Makanan/minuman yang banyak mengandung gas. Contohnya: sayuran (kol,sawi), buah (pisang ambon, nangka, kedondong, buah yang dikeringkan), minuman (minuman bersoda).
  • Makanan/minuman yang mengandung kafein dan merangsang pengeluaran banyak asam lambung, misalnya kopi, teh, anggur putih, minuman ber-al-kohol 5-20%, sari buah citrus, dan susu full cream.
  • Makanan berkadar lemak tinggi dan sulit dicerna yang dapat melambatkan aktifitas pengosongan lambung yang berakibat memicu peningkatan produksi asam lambung. Contohnya: gorengan, cokelat, kue tar, dan keju. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengolah lemak menjadi energi, akibatnya tubuh lebih mudah lelah dan lemas.
  • Makanan yang bisa merusak dinding lambung secara langsung. Contohnya: makanan yang terlalu pedas, mengandung cuka, merica, dan bumbu-bumbu rempah lainnya yang merangsang.
  • Beberapa makanan sumber karbohidrat yang harus dihindari penderita maag, yaitu beras ketan, mi bihun, jagung, talas, ubi singkong, dan dodol.
  • Mengunyah permen karet dan mero-kok.

Tips menu makan sahur bagi penderita maag

  • Konsumsi makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur yang tidak banyak mengandung gas. Makanan berserat ini akan dicerna lebih lambat dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.
  • Makan buah kurma, karena kurma kandungan gulanya kompleks, kaya serat, karbohidrat, kalium, magnesium, vitamin dan banyak mineral penting lainnya.
  • Kacang almond, karena di dalamnya mengandung protein yang tinggi juga serat yang baik untuk tubuh.
  • Buah pisang, merupakan sumber kalium, karbohidrat, dan magnesium yang baik. Selain pisang ambon tentunya, karena pisang ambon adalah salah satu buah yang mengandung gas sehingga harus dihindari penderita maag.
  • Kurangi makan gorengan, lebih baik pilih makanan yang cara mengolahnya dengan dipanggang atau direbus.
  • Minum cukup banyak air putih ketika sahur untuk menghindari dehidrasi selama puasa.
  • Bila perlu, minum obat sakit maag yang dianjurkan oleh dokter setelah makan sahur untuk menjaga dan mencegah sakit maag kambuh di siang hari selama puasa.

Gejala sakit maag bisa saja timbul pada saat puasa, namun dengan menerapkan pola hidup sehat serta mengikuti saran di atas mengenai menu makan sahur yang dianjurkan bagi penderita maag, diharapkan resiko sakit maag yang dialami makin berkurang dan kita tetap dapat menjalani kewajiban berpuasa dengan tubuh yang sehat dan prima.
Previous Post
Next Post

0 komentar: