Kamis, 16 Juni 2016

Makanan Sehat dan Terbaik Untuk Santap Saur

Makanan Sehat dan Terbaik Untuk Santap Saur

 makanan terbaik untuk saur

Santap saur - Sahabat, berpuasa merupakan ibadah yang menyehatkan jiwa dan raga. Akan tetapi, ketika salah memasukkan asupan makanan ke dalam tubuh, maka efek untuk kesehatannya juga tidak akan baik.

Oleh sebab itu, penting memperhatikan menu makanan terbaik untuk sahur maupun berbuka puasa, agar ibadah puasa yang kita lakukan tidak hanya makin mendekatkan diri kita pada Allah, tetapi juga semakin menyehatkan dan menguatkan tubuh.

Berikut ini 11 menu makanan terbaik untuk sahur yang bisa disiapkan untuk keluarga di rumah, selain bergizi juga bisa membuat tahan lapar lebih lama:

1.Kurma

Dilansir oleh OrganicFact.net, kurma memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan dan lambung. Kurma bisa memberi energi cukup untuk menahan lapar dan juga bisa membuat kita terhindar dari sembelit.

Jumlah yang dianjurkan adalah 3 butir kurma saat sahur, dan buktikan bahwa tubuh akan terasa lebih bugar.

2.Oatmeal

Setengah cangkir oatmeal berukuran 3 gram akan cukup membantu kita merasa kenyang lebih lama. Anda bisa menyajikan oatmel ditambah susu dan potongan buah-buahan seperti pisang, strawberry, atau buah apapun yang ada di rumah.

3.Telur

Telur memang hanya mengandung 70 kalori, tetapi memiliki kandungan protein sebesar 6 gram. Jika makan telur saat sahur, maka kita akan merasa kenyang untuk waktu yang cukup lama.


4.Sup

Sup mengandung banyak air, juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Saat anda dan keluarga sahur dengan sup, sinyal otak akan aktif memberi informasi kalau kita sudah cukup makan. Sebaiknya pilih semangkuk sup yang terbuat dari kaldu, dengan sayuran kaya serat seperti seledri dan bayam.

5.Alpukat

Jika Sahabat Ummi ingin makan buah saja, buah kaya lemak tak jenuh tunggal ini snagat baik dikonsumsi saat sahur, bisa membantu memperlambat kecepatan perut saat mencerna makanan.

Alpukat juga kaya akan folat, potassium, dan vitamin E. Dari banyak penelitian diketahui bahwa makanan yang mengandung tiga macam nutrisi ini akan lebih mengenyangkan daripada makanan lainnya.

6.Apel

Jika kebetulan anda juga sedang menjalankan diet, mengonsumsi buah apel saat sahur juga baik dilakukan.

Sebutir apel hanya mengandung 80 kalori, tetapi kandungan 4 gram serat dan air yang tinggi pada apel, bisa membuat kita kenyang juga. Karena itu, untuk merasa kenyang lebih lama, akhiri makan sahur kita dengan sebutir apel. 

Apel ternyata juga bisa membantu membersihkan plak pada gigi. Menyantap apel membantu tubuh menghasilkan air liur bersih dalam waktu cepat sehingga napas kembali segar.

7.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein sekitar 7 gram. Kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks, yang butuh waktu lebih lama untuk dicerna. 

Anda bisa mengolah kacang kedelai (semisal tempe), kacang merah, buncis, dan kacang panjang menjadi makanan lezat, sehat dan tentu saja mengenyangkan di saat sahur.

Manyantap kacang mede, almon, walnuts, atau pistachio sambil menunggu waktu imsak juga bukan ide yang buruk. Kacang merupakan kombinasi sempurna antara serat, protein, dan lemak.

8.Kentang

Kentang bisa membuat perut kenyang tiga kali lipat daripada roti. Coba panggang kentang dan nikmati dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi penuh dalam makanan ini.

9.Buncis

Anda yang memfavoritkan makan sayur saat sahur, bisa memilih buncis untuk dikonsumsi keluarga. buncis baik untuk jantung dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan serat tidak larut, buncis tidak hanya membuat kita tetap kenyang, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Vitamin, mineral, dan protein terkandung dalam setiap porsi buncis.


10.Air lemon

Menurut pakar food combining dalam bukunya 'Food Combining di Bulan Ramadhan', meminum segelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Gunanya sebagai tonik untuk liver yang telah bekerja semalaman sebagai katalisator serap saat tidur. Anda tertarik mencobanya?

11.Ikan

Ikan berlemak sehat seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden mengandung asam omega-3 tiga yang sangat tinggi. Bukan hanya mengenyangkan perut tetapi juga menurunkan tingkat kolesterol dalam darah serta melancarkan proses metabolisme. Sebaiknya olah ikan dengan dipanggang atau dikukus dan konsumsi bersama sayuran. 

Nah, demikianlah beberapa menu makanan terbaik untuk sahur yang bisa kita siapkan untuk keluarga di bulan Ramadhan maupun untuk asupan sahur di saat ibadah shaum sunah. Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: